Kamis, 27 Desember 2012

Six Sigma


Yupsy last update about this lesson, masih banyak sih materinya. But I take this for Last update. Oke gue bakal bahas sedikit tentang SIX SIGMA.gue sengeng banget denger kata Six Sigma, kaya lo mau ngedance gitu Six Sigma. oke langsung aja ya.. check this out!!! 


Apa sih Six Sigma: SIX SIGMA MERUPAKAN “DATA-DRIVEN PROCESS REENGINEERING METHODOLOGY” YANG MENDORONG PERUBAHAN PARADIGMA PERUSAHAAN DALAM:
         BERPERILAKU,
         MENANGANI PELANGGANNYA DAN
         MENGHASILKAN PRODUK DAN JASANYA
DAPAT DITERAPKAN DI SERVICE & MANUFACTURING INDUSTRY
DAPAT DITERAPKAN DI PERUSAHAAN BESAR & KECIL.

MANFAAT PENERAPAN SIX SIGMA QUALITY
Bagi Perusahaan :
  1. Mempertahankan kelangsungan usaha
         Meningkatkan Market share
         Customer Retention
         Meningkatkan Profit dan Investor Relations
         Meningkatkan hubungan dengan Supplier
  1. Adanya kejelasan performance yang harus dicapai oleh setiap anggota organisasi
  1. Mempercepat kegiatan improvement:
         Process Improvement: Defect reduction, Cycle time reduction,  metodologi desain proses
         Meningkatkan Produktifitas
         Product/service Improvement
         Cost Reduction
  1. Mendorong budaya belajar di dalam organisasi
         Meningkatkan skill karyawan dalam memperbaiki proses
     5.    Mendorong dilakukannya perubahan yang bersifat strategis
         Culture Change
          
Bagi Pelanggan:
Meningkatkan “value to customer”
         Produk / service yang bermutu tinggi
         Biaya yang murah à harga murah

MENGAPA PERLU SIX SIGMA
  1. Past management practices and quality improvement methods are less than optimal (no visible impact on a company’s net income)
  2. Industries are find new ways to tie quality that directly to their bottom line profitability
  3. The organization need ways of measuring what they claim to value
  4. Customer is more demanding than before

MANY FACET OF SIX SIGMA A METHOD
  1. DEFINE           : identifikasi permasalahan yang akan dipecahkan
  1. MEASURE      : mengidentifikasi parameter apa yang harus diukut serta mereview pencapaiannya
  2. ANALYSE       : mengidentifikasi keterkaitan antara faktor-faktor atas permasalahan yang dihadapi
  3. IMPROVE      : mengidentifikasi rencana perbaikan / reprocess untuk menghasilkan produk/service yang bebas cacat
  4. CONTROL     : monitoring / pencegahan untuk memastikan masalah yang sama tidak berulang

Thanks For Attention J Enjoyed my Blog and I hope I can upload my story (again).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar